Sabtu, 11 Juli 2015

STROKE ISKEMIK

        
Stroke iskemik terjadi sebagai akibat dari obstruksi dalam pembuluh darah sebagai memasok darah ke otak. Kondisi yang mendasari jenis obstruksi adalah perekembangan deposit lemak yang melapisi dinding pembuluh darah. Kondisi ini disebut aterosklerosis. Deposit lemak ini dapat menyebabkan dua jenis obstruksi: yaitu trombosis otak dan emboli serebral. 
        
Trombosis otak terjadi akibat bekuan darah yang berkembang semakin membesar dan menghalangi aliran darah. Sedangkan emboli serebral mengacu pada gumpalan darah yang terbentuk di lokasi lain dalam sistem peredaran darah, biasanya jantung dan arteri besar dada bagian atas dan leher. Sebagian dari bekuan darah lepas, memasuki aliran darah dan berjalan melalui pembuluh darah otak hingga mencapai pembuluh darah yang paling kecil. Penyebab penting kedua emboli adalah denyut jantung tidak teratur, yang dikenal sebagai atrial fibrilasi. Atrial fibrilasi menciptakan kondisi di mana bekuan darah dapat terbentuk di hati dan beredar ke otak.  


Silent infark serebral (SCI), atau "silent stroke," adalah cedera otak yang disebabkan oleh gumpalan darah yang mengganggu aliran darah di otak. Ini merupakan faktor risiko penyebab stroke di masa depan yang dapat menyebabkan kerusakan otak progresif. Video selengkapnya dapat dilihat di sini  

Sumber :  http://www.strokeassociation.org.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar