Teori keperawatan Margareth Newman
Margaret Newman lahir pada tanggal 10 Oktober 1933 di Memphis Tennessee. Pendidikan yang diperoleh
pada tahun 1962 ia menerima gelar sarjananya dalam
Keperawatan. Pada tahun 1964 ia menerima gelar Master nya Medical-Surgical
Nursing. Pada tahun 1971 ia menyelesaikan Doktor nya Ilmu Keperawatan dan
Rehabilitasi.
Konsep Dasar Model Keperawatan Margaret Newman
1.
Kesehatan
sebagai kesadaran mengembangkan
Kesehatan Newman sebagai Memperluas Kesadaran dipengaruhi
oleh Martha Rogers. Newman (2003) menulis:
Teori kesehatan sebagai perluasan batang
kesadaran dari teori Rogers dari Manusia Kesatuan. Asumsi Rogers mengenai pola
orang dalam interaksi dengan lingkungan sekitarnya merupakan dasar bagi
pandangan bahwa kesadaran merupakan perwujudan dari pola berkembang dari
orang-interaksi lingkungan.
Pola informasi,
yang merupakan kesadaran dari sistem, merupakan bagian dari pola yang lebih
besar, tak terbagi dari alam semesta yang mengembang.
Teori Newman pengenalan pola
menyediakan dasar untuk proses perawat-klien interaksi. Newman menyarankan
bahwa tugas dalam intervensi adalah pengenalan pola dilakukan oleh profesional
kesehatan menjadi sadar akan pola orang lain dengan menjadi berhubungan dengan
pola mereka sendiri. Newman menyarankan bahwa profesional harus fokus pada pola
orang lain, bertindak sebagai "balok
acuan dalam hologram".
2.
Asumsi
a. Kesehatan
meliputi kondisi sampai sekarang digambarkan sebagai penyakit, atau, dalam
istilah medis, patologi
b. Kondisi
patologis dapat dianggap sebagai manifestasi dari pola total individu
c. Pola individu
yang akhirnya memanifestasikan dirinya sebagai patologi primer dan ada sebelum
perubahan struktural atau fungsional
d. Penghapusan
patologi itu sendiri tidak akan mengubah pola indivdual
e. Jika menjadi
sakit adalah satu-satunya cara pola individu dapat terwujud, maka itu adalah
kesehatan untuk orang tersebut
f. Kesehatan
merupakan perluasan kesadaran.
3.
Konsep Utama Newman
a. Kesehatan: menyangkut penyakit dan non
penyakit, ekspilasi pola yang mendasari individu dan lingkungan.
Sebagai suatu proses perkembangan kesadaran diri dan lingkungan
bersama-sama dengan peningkatan kemampuan untuk
mempersepsikan alternatif dan berespon dalam berbagai cara.
b. Pola: apa yang mengidentifikasi
individual sebagai seseorang yang khusus
c. Kesadaran: kapasitas informasional sistem:
kemampuan sistem berinteraksi dengan lingkungannya (waktu, pergerakan dan
ruang)