Selasa, 15 April 2014

Teori keperawatan Margareth Newman

Teori keperawatan Margareth Newman

Margaret Newman lahir pada tanggal 10 Oktober 1933 di Memphis Tennessee. Pendidikan yang diperoleh pada tahun 1962 ia menerima gelar sarjananya dalam Keperawatan. Pada tahun 1964 ia menerima gelar Master nya Medical-Surgical Nursing. Pada tahun 1971 ia menyelesaikan Doktor nya Ilmu Keperawatan dan Rehabilitasi.

Konsep Dasar Model Keperawatan Margaret Newman
1.    Kesehatan sebagai kesadaran mengembangkan
Kesehatan Newman sebagai Memperluas Kesadaran dipengaruhi oleh Martha Rogers. Newman (2003) menulis:
Teori kesehatan sebagai perluasan batang kesadaran dari teori Rogers dari Manusia Kesatuan. Asumsi Rogers mengenai pola orang dalam interaksi dengan lingkungan sekitarnya merupakan dasar bagi pandangan bahwa kesadaran merupakan perwujudan dari pola berkembang dari orang-interaksi lingkungan. Pola informasi, yang merupakan kesadaran dari sistem, merupakan bagian dari pola yang lebih besar, tak terbagi dari alam semesta yang mengembang.
Teori Newman pengenalan pola menyediakan dasar untuk proses perawat-klien interaksi. Newman menyarankan bahwa tugas dalam intervensi adalah pengenalan pola dilakukan oleh profesional kesehatan menjadi sadar akan pola orang lain dengan menjadi berhubungan dengan pola mereka sendiri. Newman menyarankan bahwa profesional harus fokus pada pola orang lain, bertindak sebagai "balok acuan dalam hologram".
2.    Asumsi
a.    Kesehatan meliputi kondisi sampai sekarang digambarkan sebagai penyakit, atau, dalam istilah medis, patologi
b.    Kondisi patologis dapat dianggap sebagai manifestasi dari pola total individu
c.    Pola individu yang akhirnya memanifestasikan dirinya sebagai patologi primer dan ada sebelum perubahan struktural atau fungsional
d.   Penghapusan patologi itu sendiri tidak akan mengubah pola indivdual
e.    Jika menjadi sakit adalah satu-satunya cara pola individu dapat terwujud, maka itu adalah kesehatan untuk orang tersebut
f.     Kesehatan merupakan perluasan kesadaran.
3.    Konsep Utama Newman
a.    Kesehatan: menyangkut penyakit dan non penyakit, ekspilasi pola yang mendasari individu dan lingkungan. Sebagai suatu proses perkembangan kesadaran diri dan lingkungan bersama-sama dengan peningkatan kemampuan untuk mempersepsikan alternatif dan berespon dalam berbagai cara.
b.    Pola: apa yang mengidentifikasi individual sebagai seseorang yang khusus
c.    Kesadaran: kapasitas informasional sistem: kemampuan sistem berinteraksi dengan lingkungannya (waktu, pergerakan dan ruang)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar